Cara menghadapi ipar yang suka mencari kesalahan kita

Cara menghadapi ipar

Saat menikah, tentunya hal ini bukan hanya menyatukan dua individu saja, namun kita juga akan mendapatkan mertua dan saudara ipar. Namun bagaimana jika kita mendapatkan saudara ipar yang ternyata suka mencari kesalahan kita? Apa yang harus dilakukan?

Yuk simak bagaimana menghadapi ipar yang suka mencari kesalahan seperti pada pembahasan berikut ini. 

Bersabar

Memang bukan hal yang mudah memiliki saudara ipar yang suka mencari kesalahan kita. Karena orang yang seperti itu sama saja dengan iri. Maka dari itu, mereka akan selalu saja merendahkan atau menghina setiap pencapaian yang telah berhasil kita dapatkan atau setiap apa yang telah kita lakukan.

Bersabar merupakan hal yang perlu kita lakukan saat menghadapi saudara ipar. Hal ini dikarenakan saat kita bersabar, tentunya konflik dengan ipar bisa terhindarkan, sehingga tidak memperdalam masalah yang ada. Jangan lupa untuk tetap tenang dan kendalikan diri. Daripada bertengkar dengannya, pastinya akan memperburuk suasana saja.

Ajak untuk berkomunikasi

Saat saudara ipar mencari kesalahan kita, maka sangatlah tepat jika kita bisa mengajaknya untuk berkomunikasi. Tentunya hal ini sangat penting dilakukan agar saling membuka pikiran, dengan begitu tidak ada kesalahpahaman yang terjadi.

Tidak hanya itu saja, ketika ia sulit saat di ajak berkomunikasi, maka bicarakan hal ini dengan pasangan kita. Yang pasti sebagai saudara kandung, pasangan kita lebih tahu bagaimana berhadapan dengan mereka atau saudara ipar kita. 

Lakukan pendekatan

Nah, cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pendekatan dengannya secara personal. Misalnya saja dengan memberikan bantuan kecil ketika saudara ipar membutuhkan pertolongan. Tidak ada salahnya untuk mengajaknya mengobrol atau melakukan aktivitas bersama.

Harus diingat bahwa jangan pernah sekali-kali untuk memulai bergosip walaupun mengenai anggota keluarga lain supaya bisa mendekatkan diri dengan ipar. Hal ini sama saja jika kita mencari musuh lain. 

Jangan segan untuk berbagi

Pada dasarnya sikap saudara ipar yang menyebalkan dan suka mencari kesalahan bisa saja karena saudara ipar iri dengan kita. Misalnya saja ketika kita membeli parfum baru, namun ternyata ia diam-diam juga menyukai aromanya.

Nah karena iri hati, bisa saja ia memanas-manasi suami kita dan mertua dengan cara mengatakan jika kita sangat boros. Jika sudah seperti ini, apa yang harus dilakukan? Yang jelas kita bisa kok mengambil inisiatif dengan menawarinya juga parfum yang telah kita beli tersebut. 

Nah, dengan melakukan beberapa cara menghadapi ipar yang suka mencari kesalahan seperti yang telah dipaparkan di atas, maka dapat dipastikan bahwa kita dan saudara ipar bisa semakin terbuka dengan hal-hal apa saja yang terjadi. Dan yang paling penting adalah keburukan jangan pernah dibalas dengan keburukan, ya!